Tahukah Kamu ??????? ========>>> Sarapan Pagi ternyata sangat penting karena ternyata Metabolisme bekerja 20 % lebih cepat dan secara bertahap makin menurun hingga malam,,,!

Mengembangkan Wawasan Kepemimpinan

Wawasan Kepemimpinan
Mengembangkan Wawasan Kepemimpinan
Gedung Pusat Studi Jepang di lingkungan Universitas Indonesia pada 25 April 2008 lalu terlihat penuh sesak. Lebih dari 700 mahasiswa menghadiri Seminar “Earth in the Crossroad” yang digelar PPSDMS Regional 1 Jakarta. Sebuah gebrakan dahsyat karena gedung PSJ sebenarnya berdaya tampung 250 orang. Bukan hanya peserta yang membludak, tapi pembicaranya juga kompeten, yakni pakar global warming, Amanda Katili (Ketua Sekretariat Presiden untuk Conference of Party ke-3 di Kyoto, Jepang), Gunardi (dari Kementerian Negara Lingkungan Hidup), dan Nurul Isnaeni (Dosen FISIP UI Jurusan HI). Topik seminar adalah implikasi pemanasan global terhadap kehidupan manusia.
Seminar yang dimoderatori Andy Setyawan, mahasiswa Filsafat UI dan sekaligus Peserta PPSDMS Regional 1, itu menghadirkan Rektor UI Prof. Dr. Gumilar R. Sumantri sebagai pembicara kunci. Ia menceritakan pengalamannya seputar perubahan musim dan temperatur udara di beberapa kota, seperti Bandung dilanda hujan es, dalam kurun waktu 10 tahun terakhir. “Sivitas akademika UI sangat peduli dengan pelestarian lingkungan, karena itu segera meluncurkan program jalur bersepeda di sekeliling kampus”, ujar Pak Rektor.
Dalam paparannya, Amanda Katili, menampilkan slide yang pernah disajikan Al Gore, mantan Wakil Presiden AS yang memenangkan Nobel Perdamaian 2007. Sementara itu, Gunardi menjelaskan strategi pemerintah dalam menghadapi climate change dan tindak lanjut COP ke-13 di Bali. Pembicara terakhir, Nurul Isnaeni, mendedahkan agenda yang harus dikawal pasca Protokol Kyoto. Seminar dipuncaki tanya-jawab yang seru antara peserta dan pembicara.
Kegiatan seminar dan diskusi publik adalah salah satu program yang dirancang PPSDMS di seluruh regional untuk mengembangkan wawasan kepemimpinan. Selain di Jakarta, PPSDMS Regional 3 Yogyakarta juga menyelenggarakan Simposium Nasional Kepemimpinan Pemuda bertajuk “Kepemimpinan Pemuda dan Indonesia yang Lebih Baik” (19/5). Sebagai pembicara kunci tampil GKR Pembayun (Ketua Karang Taruna DI Yogyakarta) dan Menneg Pemuda dan Olahraga Dr. Adhyaksa Dault, SH. Tiga tokoh muda menjadi pembicara utama dalam diskusi bebas yang diikuti 600 peserta, yakni: Anis Baswedan, Ph.D (Rektor Universitas Paramadina), Deny Indrayana, Ph.D (Direktur Pusat Kajian Anti Korupsi UGM), dan Sudirman Said, MBA (Corporate Secretary PT Pertamina Pusat).
Peserta Regional 5 Bogor tak mau ketinggalan. Mereka mengadakan seminar kepemimpinan pada 20 April 2008 dengan tema “Boost Your Leadership Skill”, yang dibuka resmi Rektor IPB, Dr. Ir. Herry Suhardiyanto, MSc. Direktur InterCafe, Iman Sugema, PhD., tampil dalam diskusi yang dihadiri 300 peserta. Acara bertambah meriah dengan ‘provokasi’ Master Trainer, Arief Munandar, dalam sessi khusus membongkar potensi diri. Kaum muda sebagai calon pemimpin masa depan memang harus menyadari kekurangan dan kelebihan dirinya, dan tak pernah berhenti belajar demi mengembangkan wawasan. [Spt. Laporan: Andy, Reza dan Galih]
sapto 26 May 2008 Berita, Berita Bogor, Berita Jakarta, Berita Jogjakarta

0 Comments:

Post a Comment



TI0909